Minggu, 20 Desember 2015

Berbisnis bareng teman mesti satu hati

Berbisnis bareng teman mesti satu hati

Anda yang sering wira-wiri ke bioskop tentu tahu beberapa waktu yang lalu ada film Indonesia berjudul Filosopi Kopi yang ditayangkan di bioskop dalam negeri. Film yang diangkat dari novel karangan Dee Lestari ini mengisahkan tentang bisnis kedai kopi yang dijalankan dua sahabat, Jody dan Ben.
Perjalanan bisnis dua sahabat ini tidak mulus lantaran Jody dan Ben punya pandangan yang berbeda soal cara mengelola kedai kopi. Jody berniat membesarkan kedai kopi dengan menggunakan gimmick marketing yang banyak digunakan pebisnis restoran lainnya, sementara Ben yang idealis soal kopi hanya memikirkan cara mengolah kopi yang terbaik.
Akibat perbedaan cara pandang dalam membesarkan bisnis tersebut, Jody dan Ben akhirnya pecah kongsi. Tapi tentu saja, film ini pada akhirnya berakhir bahagia.
Perseteruan antara Jody dan Ben memang hanyalah cerita di film. Meski begitu, cerita-cerita perseteruan antara dua teman yang berbisnis bersama juga kerap terjadi di sekitar kita. Malah, banyak kisah-kisah perseteruan bisnis yang berubah menjadi tindak pidana.
Mendirikan bisnis bersama teman memang memiliki keunggulan sendiri. Lantaran sebelumnya sudah berteman, Anda akan lebih mengenal karakter rekan Anda dan tahu cara menghadapinya. Sudah ada chemistry yang bisa digunakan untuk menjalankan usaha, Henky Eko Sriyantono, konsultan usaha.
Ini tentu berbeda bila menjalankan bisnis dengan orang lain yang belum terlalu lama dikenal. Bisa jadi, gaya menjalankan bisnis kedua pihak berbeda. Hal ini bisa membuat kedua pihak tidak puas dengan cara kerja pihak lainnya.
Tapi tentu saja, berbisnis bersama teman yang sudah akrab juga memiliki kekurangan. Lantaran merasa akrab, orang yang berniat memulai bisnis dengan temannya kerap menjadi lebih permisif. Akibatnya, perjanjian pembagian tugas antara pihak-pihak yang mendirikan bisnis juga menjadi tidak tegas.
Ini tentu bisa berdampak negatif di masa mendatang, terutama bila bisnis yang dijalankan ternyata tidak prospektif. Selain itu, bisa timbul kesulitan mencari siapa yang bertanggungjawab bila muncul masalah saat bisnis berjalan.
Karakter cocok
Karena itu, orang-orang yang hendak memulai bisnis bersama rekannya harus tetap cermat. Jangan lantaran sudah berteman lama, Anda terbujuk memulai bisnis dengan teman tanpa pikir panjang.
Para konsultan usaha menuturkan, orang-orang yang berniat memulai bisnis bersama temannya juga perlu melakukan riset, sama seperti ketika memulai dengan orang lain. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai menjalankan bisnis.
Pertama, soal kecocokan. Kedua pihak harus memiliki kecocokan dalam hal chemistry untuk menjalankan bisnis bersama, jelas Cak Eko, panggilan akrab Henky Eko.
Kedua, Anda dan teman yang menjadi rekan bisnis harus memiliki kesamaan visi dan tujuan yang sama dalam berbisnis. Perbedaan visi dan tujuan bisa menimbulkan masalah dalam pengembangan bisnis nantinya.
Karena itu, pastikan Anda dan teman Anda bisa mengkompromikan tujuan berbisnis masing-masing. Misalnya teman Anda berbisnis untuk investasi. Sementara tujuan Anda berbisnis untuk mencukupi kebutuhan keluarga Anda. Jangan sampai kebutuhan keluarga jadi tidak bisa terpenuhi lantaran bisnis Anda dan teman Anda tidak berjalan dengan baik.
Ketiga, pertimbangkan juga potensi dan kemampuan masing-masing. Tentunya, Anda dan teman Anda berharap masing-masing akan memiliki hak dan tanggung jawab yang sama di dalam bisnis. Dengan mengetahui potensi dan kemampuan masing-masing, pembagian tugas dan tanggung jawab akan jadi lebih mudah. Meski berbisnis dengan teman, tetap harus profesional dan jelas pembagian pekerjaannya, kata Erwin Halim, konsultan usaha.
Dengan memperhatikan faktor-faktor tadi, Anda dan teman Anda akan lebih mudah menjalankan roda bisnis. Selain itu, pembagian tugas hingga pembagian keuntungan nantinya akan lebih mudah. Selanjutnya, Anda bisa mulai mempersiapkan bisnis Anda.
Menentukan bisnis
Dengan memperhatikan potensi dan kemampuan masing-masing pihak, Anda dan teman Anda bisa memutuskan bisnis apa yang cocok untuk dijalankan. Tentu saja, akan lebih baik jika bisnis yang dijalankan sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh orang yang berniat berbisnis. Risiko gagalnya jadi lebih kecil karena memang sudah punya keahlian di bisnis tersebut, kata Fauziah Arsiyanti, perencana keuangan dari Fahima Advisory.
Atau pebisnis juga bisa memilih menjalankan bisnis yang menjadi keahlian salah satu pendiri. Lebih mudah kalau ada salah satu pihak yang kompeten di bisnis yang akan dijalankan, sebut Cak Eko.
Selain itu, jangan lupa perhatikan juga potensi pasar bisnis yang akan dijalankan. Meskipun Anda dan teman Anda memiliki keahlian dalam bisnis yang Anda pilih, tetapi bila potensi pasarnya tidak menjanjikan, tentu lebih baik Anda pertimbangkan ulang rencana menjalankan bisnis tersebut.
Pembagian modal
Pembagian modal merupakan salah satu hal yang penting dibicarakan bila hendak mendirikan bisnis bersama teman. Pembagian setoran modal dari semua pendiri harus ditetapkan secara tegas di awal. Sebab, ini bisa mempengaruhi kepemilikan saham masing-masing pihak di bisnis tersebut. Kepemilikan saham ini yang nantinya akan menentukan besar dividen yang diterima masing-masing pendiri bisnis tersebut.
Tentu saja, idealnya, besar modal yang disetor saat pertama kali memulai bisnis dibagi sama rata antarpendiri. Tapi pembagian modal bisa juga tergantung komitmen yang disepakati, jelas Cak Eko. Misalnya, dua pendiri sepakat menyetor modal uang masing-masing 50%. Sementara satu pendiri lagi tidak menyetor modal uang, namun ditugasi mengelola bisnis karena memiliki keahlian menjalankan bisnis tersebut.
Yang perlu diingat juga, jangan menggunakan dana kebutuhan keluarga untuk disetor sebagai modal usaha. Idealnya, gunakan dana lebih yang memang ditujukan untuk investasi. Dengan demikian, keuangan keluarga tidak terganggu.
Untuk mencegah risiko timbulnya masalah di kemudian hari, ada baiknya para pendiri bisnis membuat perjanjian terkait pembagian modal ini, hingga pembagian keuntungan nantinya. Bisa dibuat perjanjian kerjasama yang berisi kesepakatan-kesepakatan soal pembagian modal, tugas, hak dan kewajiban yang ditandatangani di atas materai, sebut Cak Eko.
Bila usaha semakin berkembang, para pendiri bisa menambah setoran modal. Setiap kali terjadi penambahan modal, ada baiknya perjanjian yang dibuat di awal tadi diperbarui.
Mengatur tugas
Pembagian tugas saat menjalankan bisnis juga perlu dibicarakan sejak awal. Soal pembagian tugas ini juga bisa dimasukkan ke dalam perjanjian antarpendiri bisnis. Jadi, pembagian tugas dan kewajiban masing-masing pendiri harus tegas dan jelas.
Pembagian tugas ini terutama penting bila semua pendiri ingin terlibat aktif dalam bisnis tersebut. Bila semua pendiri terlibat aktif dalam bisnis, harus dibuat posisi struktural yang jelas. Supaya nanti tidak membingungkan yang mana pucuk pimpinannya, ucap Cak Eko.
Para pendiri juga harus menjalankan tugas sesuai dengan jabatannya masing-masing. Jangan sampai semua pendiri menjalankan tugas direktur utama, padahal sudah memiliki tugas masing-masing.
Cak Eko menuturkan, pada dasarnya akan lebih mudah bila tidak semua pendiri terlibat aktif dalam operasional. Justru yang baik adalah salah satu yang aktif dan yang satunya pasif, karena akan mempercepat akselerasi usaha, jelas dia.
Bagaimana bila para pendiri bisnis merasa tidak memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis? Fauziah menuturkan, para pendiri bisnis bisa saja menggunakan jasa profesional untuk mengelola dan mengembangkan bisnis mereka. Tapi kalau mau sewa profesional, harus dipastikan memiliki dana bulanan yang besar, kata Zizi, sapaan akrab Fauziah. Pasalnya, biasanya biaya gaji profesional cukup besar.
Tetapi bila bisnis yang dijalankan termasuk skala mikro dan kecil, para pakar bisnis menyarankan jangan langsung menyewa tenaga profesional. Sebaiknya, di awal pendirian dikelola langsung pemiliknya, terang Erwin.
Dengan demikian, pemilik bisnis bisa mengembangkan bisnis tersebut sesuai dengan target dan tujuan yang ingin dicapai. Setelah bisnis tersebut berkembang dengan stabil, barulah pendiri menyerahkan kepada profesional.
Pembagian laba
Pembagian keuntungan juga harus dibicarakan sejak awal. Lebih baik kalau pembagian laba ini juga dimasukkan dalam perjanjian antara Anda dan teman Anda saat awal berbisnis.
Ada dua macam pendapatan yang bisa diperoleh para pemilik bisnis. Pertama, bagian laba yang disetorkan ke pemilik usaha atawa dividen. Kedua, pendapatan berupa gaji bulanan. Pemilik bisnis bisa mendapat gaji bila ia terlibat aktif dalam operasional perusahaan.
Besaran pembagian dividen dan gaji ini tentu bisa dibuat berdasarkan kesepakatan para pemilik usaha. Sebaiknya para pihak mendapat honor sesuai pekerjaannya dalam bisnis tersebut dan mendapat pembagian hasil usaha menurut modal yang disetor, sebut Erwin.
Para pakar usaha sepakat sebaiknya pemilik bisnis tidak langsung mengambil porsi keuntungan untuk dividen atau gaji saat bisnis baru mulai berjalan. Idealnya, pemilik bisnis harus memastikan arus kas bisnisnya berjalan dengan baik dan stabil sebelum mulai mengambil untung dari usahanya. Yang paling penting menabung untuk kelangsungan usaha, karena pendapatan ke depan bisa turun naik, sebut Zizi.
Yang harus diingat, para pemilik bisnis harus tegas dan disiplin menjalankan kesepakatan yang dibuat di awal. Dengan demikian, perselisihan bisnis bisa dihindari.
sumber : http://personalfinance.kontan.co.id/news/berbisnis-bareng-teman-mesti-satu-hati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PESAN:

Peluang Usaha Ice Cream Cone

Peluang Bisnis Ice Cream Cone

Peluang Bisnis Ice Cream Cone

Bergabunglah menjadi mitra Resto Mesin di seluruh Indonesia.Peluang bisnis menguntungkan.

Hubungi RestoMesin di: 0815 1922 0879 Samudra Wibowo

-------

"Alhamdulillah, banyak kemudahan yang saya dapatkan selama menjadi mitra Resto Mesin, selain materi... Two thumbs up " - Syarif Kupang, NTT 08133920###


"Sejak berjualan Ice Cream 1 tahun lalu, saya tetap setia karena supportnya yang semakin baik dan margin keuntungan yang semakin menarik.....Erick Bandung 081317165###


"Dalam waktu 8 bulan produk ICE CREAM kami menjadi produk unggulan artinya produk yang dapat merebut hati pelanggan" - Ibu Lia Kaltim 085247407###


"Orang Biak Papau suka es Krim cone 1 tahun sudah BEP" - Novi Biak Papua 08156585###

"Sebelumnya bigung mau usaha apa... setelah baca blog ini langsung menjadi pengusaha
ice cream hahahahaha... - Harahap Riau 0813659818##


======

AYO SIAPA LAGI MAU JAGI PENGUSAHA....

PERLUNYA BISNIS SENDIRI

Dengan pekerjaan kita selama ini sebagai profesional atau karyawan, seharian kita dituntut kerja dan akan kerja terus sampai tua atau pensiun agar tetap punya penghasilan sementara daya beli kita tahun demi tahun semakin menurun. Kita sementara puas kalau ada kenaikan penghasilan, gaji atau tunjangan jabatan. Padahal kenaikan gaji sebenarnya merupakan subsidi kenaikan biaya hidup sedang tunjangan jabatan adalah biaya tak langsung karena adanya penambahan beban kerja, beban tanggung-jawab dan ‘beban’ untuk berpenampilan tertentu yang besarnya tidak akan melebihi pengorbanan kita yang sebenarnya.

Selama ini untuk mendapatkan uang untuk biaya hidup sehari-hari kita hanya mengandalkan penghasilan aktif yaitu menjual tenaga atau keahlian untuk dibarterkan dengan uang. Begitu tenaga kita menurun misalnya setelah tua atau pensiun penghasilan kita juga menurun dan hidup kita jadi susah karena penghasilan tidak cukup lagi untuk mempertahankan kualitas hidup kita. Akhirnya kita menjadi beban keluarga.

Karena itu perlu dipertimbangkan memiliki penghasilan pasif (passive income) yaitu penghasilan yang berasal dari asset yang kita bangun sebelumnya. Satu-satunya asset yang dapat memberikan passive income dikemudian hari dengan modal kecil adalah bisnis makanan dan minuman. Dengan makanan dan minuman, biarpun anda sudah tua atau sudah tidak punya nilai ekonomis lagi anda tetap punya penghasilan yang bisa diwarisan.

PAKET Usaha Soft Ice cream

Inovasi baru dibidang mesin soft ice cream dengan memanfaatkan teknologi digital baru tanpa perlu berlama-lama untuk mendapatkan sajian ice cream yang lembut dan lezat… Dengan teknologi mesin soft ice cream baru, anda dapat membuat soft ice cream cukup sederhana, aduk adonan bubuk ice cream sampai halus masukan ke mesin ice cream tunggu proses pendinginan kurang lebih 15-20 menit. Pengembangan produk selanjutnya dapat diimplementasikan pada rasa dan bentuk ice cream yang beraneka macam.

SEGMENTASI MARKET

Semua segmen (Anak-anak, dewasa, pria maupan wanita)

ANALISA USAHA

a. Margin profit hingga 4x lipat (400%)

b. Estimasi BEP: 1 tahun

c. Maintenance cost: sangat rendah

d. Operational cost: terjangkau

e. Tenaga Kerja Cukup 1 orang

PAKET USAHA

Dengan paket ini, anda sudah bisa berproduksi dan berjualan langsung Investasi

Anda Akan mendapatkan :

1. Mesin soft ice cream

2. Cone Ice Cream sebanyak 600 cone/1dus

3. Bubuk Ice cream 1 dus isi 12 kg Satu Rasa

Bubuk Ice Cream dan Cone


standing_3kranbubuk

Dengan modal tersebut anda sudah siap menjadi pengusaha ice cream namun yang paling utama siapkan tempat baik sewa atau punya sendiri yang memiliki aliran listrik dengan kapasitas 2200watt atau jualan keliling dengan mobil tentunya sediakan genset min 2500 watt

Kami juga membuka kesempatan seluas2nya kepada bpk/ibu yang akan memulai usaha Frozen yogurt untuk bekerja sama.

Kami menyediakan Mesin2 frozen yogurt dengan harga yang sangat terjangkau mulai 17jtan untuk
Kami juga memberikan konsultasi gratis bagi bpk/ibu yang akan memulai usaha dengan software komputer , sehingga dapat dilihat kapan BEP dan harga jual yang ideal bagi usaha frozen yogurt bapak/ibu untuk info dan konsultasi hub kami

Untuk memulai Usaha Fro-yo lihat box di bawah bandingkan dengan sistem wara laba yang biayannya samapi ratusan juta ... kalo kita usaha sendiri/mandiri hanya di butuhkan biaya awal sekitar Rp.26 jutaan yang terdiri dari mesin Froyo mulai 17.5jt dan sisanya adalah setup konter usaha kita kalo hanya booth sekitar 5 jutaan

Ayo tunggu apalagi bukti kan anda bisaa menjadi pengusaha Froyo..










Mesin Froyo

standingbj188

bj188c

spekmesinyogrut


Harga Mulai Rp.19.500.000 tergantung dengan tipe:

- Standing/Protable

- Tuas/Kran (3,5)

Khusus 1 Kran Rp.17.500.000

Mesin Soft Ice Cream

Type Portable 1 Handle




BJ-188 Portable 1 Kran Rp.17.500.000

Power : 220V/ 50Hz/ 800W....... konsumsi listrik kecil...
Berat : 48 Kg
Ukuran :
366 x 510 x 650
Kapasitas : 5-8 L/ H
Made in : China


Contoh Konter Froyo..

















UPDATE TERBARU

PAKET EKONOMI..........

Paket Ekonomi : Mesin Ice Cream Cone 400 Watt (CashBack Rp.1.500.000)

Januari 26, 2010 ·

Karena sekarang lagi banyak diperdebatkan masalah rencana kenaikan harga listrik dan banyak masyarakat merasakan rekening listrik makin mahal; makin banyak produsen peralatan listrik mengambil kesempatan untuk memasarkan keunggulan produk mereka dengan menyatakan wattnya kecil.. Tetapi watt kecil tidak mutlak membuat konsumsi energi listrik (energi adalah yang anda bayar; bukan watt) menjadi kecil.

UKM dan Rumah tangga memiliki kontribusi yang sangat besar pada konsumsi energi listrik. Karena itu penghematan listrik di UKM dan rumah tangga tentu akan sangat memberi efisiensi yang sangat besar. Selain itu penghematan energi listrik juga akan menghemat pengeluaran pada anggaran UKM dan keluarga. Daripada untuk bayar listrik, mending dananya digunakan untuk liburan keluarga atau tabungan pendidikan atau pengembangan usaha bukan?

Nah saat ini kami Restomesin distributor mesin mesin resto mendatangkan mesin Ice cream dengan pengunaan energy kecil Cuma 400 Watt .Dengan konsumsi listrik yang relatif kecil yaitu hanya 400W membuat alat ini sangat ekonomis untuk dioperasikan (bandingkan dgn produk sejenis yg mengkonsumsi listrik sebesar 1.100 Watt, 1.600W bahkan 2700 Watt) sehingga sangat cocok untuk usaha di kampus, sekolah, depan Indomaret/Alfamart atau tempat lain yang tidak perlu menambahkan sambungan listrik yang berdaya besar.

Dalam kesempatan ini kami juga mengeluarkan Paket Usaha :

  1. I. Paket Ekonomis 1 (Pa Eko 1) dengan Harga Rp. 15.700.000,- (belum termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia).

Anda akan mendapatkan :

  1. Mesin Ice cream Model RB1008A 1 Kran No Flower Taste 1 Unit
    Power 400W / 220V
    Dimension 37×52×56 ( cm )
    Capacity / H 8-12 L / H
    Refrigerant R134A
    Gross Weight 46 Kg
  2. Booth Ice Cream Cantik (Konter Display) - 1 Unit
  3. Powder Soft Ice Cream 1 Rasa 1 dus isi 12 kg setara dengan 600 cone x Rp2.500 = Rp.1.500.000 Artinya Pembeli mendapat CASH BACK Rp.1.500.000,-
  4. X Banner 1 unit

II. Paket Ekonomis 2 (Pa Eko 2) dengan Harga Rp. 17.000.000,- (belum termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia).

Anda akan mendapatkan :

  1. Mesin Ice cream Model RB1008B 1 Kran With Flower Taste 1 unit
    Power 400W / 220V
    Dimension 37×52×56 ( cm )
    Capacity / H 8-12 L / H
    Refrigerant R134A
    Capacity Topping / Hooper - 0,34L
    Gross Weight 46 Kg
  2. Booth Ice Cream Cantik (Konter Display) 1 Unit
  3. Powder Soft Ice Cream 1 Rasa 1 dus isi 12 kg setara dengan 600 cone x Rp2.500 = Rp.1.500.000 Artinya Pembeli mendapat CASH BACK Rp.1.500.000,-
  4. X Banner 1 Unit


Segera hubungi : restomesin@gmail atau 0815 1922 0879

* Catatan:
Beda paket eko 1 dan paket eko 2 adalah kalo paket dua ada tempat untuk Topping ice conenya (difoto yang warna hijau diatas mesin) jadi meskipun cuma 1 kran tetapi bisa menyajikan 2 rasa sekaligus... sedang Pa Eko1 topping tersebut tidak ada...

Salam Sukses

Samudra Wibowo

081519220879